Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sedangkan definisi ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.

Arti Kata Ekonomi

Kata “ekonomi” adalah kata pinjaman dari bahasa Yunani kuno, yang berarti “manajemen rumah tangga”. Kata ini adalah kombinasi dari dua kata (“rumah”) dan (“manajemen; distribusi”). Kata ini pertama kali dicatat digunakan dalam karya-karya yang dibuat oleh sebuah gereja di 1440 untuk menggambarkan sistem manajemen atau administrasi. Signifikansi ekonomi yang banyak digunakan saat ini, yaitu ekonomi sebagai sistem yang digunakan di suatu negara atau wilayah, telah dikembangkan di abad ke-19 atau ke-20.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

  • Menurut Adam Smith

Ekonomi adalah penyelidikan terkait dengan keadaan dan karena kekayaan negara.

  • Menurut Abraham Maslow

Ekonomi adalah ilmu yang mencoba untuk memecahkan masalah kebutuhan manusia melalui sumber penggemblengan seluruh ekonomi yang ada di seluruh atas dasar teori dan prinsip-prinsip sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

  • Menurut Hermawan Kartajaya

Ekonomi adalah platform di mana industri ini terletak diatasnya.

  • Menurut Paul A. Samuelson

Ekonomi adalah cara di mana manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang terbatas dalam memperoleh setiap komoditas dan didistribusikan oleh masyarakat untuk konsumsi.

  • Menurut J.S

Ekonomi adalah salah satu jenis ilmu pengetahuan praktis tentang pengeluaran dan penagihan.

  • Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson

Ekonomi adalah studi tentang aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-untuk mendapatkan dan menikmati hidup.

  • Menurut Jack Hirshleifer

Ekonomi adalah studi tentang keputusan untuk memilih dalam setiap tindakan yang akan diambil atau ekonomi juga bisa belajar tentang segala sesuatu apa yang terjadi jika ada berbagai keputusan pada mereka yang berusaha untuk mempengaruhi satu sama lain.

  • Menurut Case dan Fair

Ekonomi adalah sebuah studi tentang bagaimana masyarakat dan individu mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka pada apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang ada sebulumnya.

  • Menurut Suherman Rosydi

Ekonomi adalah cabang ilmu yang berupaya untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang semua gejala yang ada di masyarakat yang timbul karena tindakan manusia dalam upaya segalaa untuk segera memenuhi kebutuhan atau untuk dapat mencapai kemakmuran.

  • Menurut Alfred Marshall

Ekonomi adalah studi tentang semua kehidupan manusia sehari-hari.

  • Menurut Von Neumann dan Mogenstern

Ekonomi adalah disiplin yang sangat disayangkan jika tidak diobati secara ilmiah karena semua karakter telah sibuk dengan berbagai solusi untuk menghadapi semua masalah mendesak zaman itu.

  • Menurut Lipsey

Ekonomi adalah studi tentang pemanfaatan semua sumber daya yang langka untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia yang tidak pernah berakhir atau tidak terbatas.

  • Menurut Samuekon

Ekonomi adalah studi yang menganalisis semua keuntungan dan kerugian meningkatkan semua pola tertentu dalam penggunaan penggunaan sumber daya.

  • Menurut Amwal

Ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana membangun keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atau individu.

  • Menurut Aristoteles

Ekonomi merupakan cabang yang dapat digunakan dalam dua cara yang dapat digunakan dan mungkin dalam pertukaran untuk barang, sehingga ekonomi memiliki nilai tukar dan nilai pakai.

  • Menurut M. Manullang

Ekonomi adalah studi tentang kegiatan masyarakat dalam mencoba untuk mencapai semua kemakmuran di mana kemakmuran adalah suatu kondisi di mana orang dapat memenuhi kebutuhan mereka, baik dalam bentuk jasa dan barang.

  • Menurut Khursid Ahmad

Ekonomi merupakan upaya untuk sistematisasi dan memahami semua masalah ekonomi dan semua perilaku manusia dengan masalah dari sudut pandang Islam.

  • Menurut M. Akram Khan

Ekonomi adalah ilmu yang memiliki tujuan belajar tentang manusia yang dicapai dengan mengorganisir semua sumber daya yang ada di bumi untuk partisipasi dan kerja sama mereka.

Ilmu ekonomi

Ekonomi secara luas dibahas dalam ilmu khusus yang dikenal sebagai ekonomi, yang mencakup sosiologi. sejarah, antropologi, dan geografi. Beberapa bagian dari perekonomian dalam bentuk ilmu terapan seperti produksi, distribusi, perdagangan, dan konsumsi juga dibahas dalam disiplin lain seperti teknik, manajemen, administrasi bisnis, ilmu pengetahuan, dan keuangan diterapkan. Ada banyak sektor ekonomi, yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga sektor utama, yaitu sektor primer, sektor sekunder, dan, dan sektor tersier.

Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi

Manusia sebagai makhluk sosial, dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan alat kebutuhan manusia memuaskan terbatas. Beberapa faktor yang mempengaruhi bahwa seseorang membutuhkan jumlah yang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain:

  1. Faktor ekonomi
  2. Faktor lingkungan sosial budaya
  3. Faktor fisik
  4. Faktor pendidikan
  5. Faktor moral

Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

  • Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi adalah istilah yang mengacu pada setiap usaha manusia yang didasarkan pada pilihan terbaik, dan yang paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri dari dua aspek, yaitu:

  1. Tindakan ekonomi yang rasional, setiap usaha manusia yang didasarkan pada pilihan yang paling menguntungkan, dan pada kenyataannya kasus ini.
  2. Tindakan ekonomi yang rasional, setiap usaha manusia yang didasarkan pada pilihan yang paling menguntungkan, tapi mereka tidak.
  • Motif Ekonomi

Motif ekonomi adalah alasan atau seseorang tujuan itu seseorang melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi dibagi menjadi dua aspek:

  1. Motif intrinsik, disebut sebagai keinginan untuk mengambil tindakan pada ekonomi mereka sendiri.
  2. Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk mengambil tindakan terhadap dorongan ekonomi lain.

Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:

  1. Motif memenuhi kebutuhan
  2. Motif memperoleh keuntungan
  3. Motif memperoleh penghargaan
  4. Motif memperoleh kekuasaan
  5. Motif sosial / menolong sesama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *